Sabtu, 19 Desember 2009

NATO Bunuh 3 Sipil Lewat Serangan Udaranya Di Afghanistan Selatan

http://www.arrahmah.com/images/stories/09/y166102399488040.jpg

Sebuah helikopter NATO menewaskan tiga warga sipil dan melukai empat lainnya dalam serangan udara di provinsi Kandahar di Afghanistan selatan, kata pemerintah provinsi pada hari Jumat (18/12).

Tembakan yang berasal dari helikopter salibis itu mengenai sebuah minibus di jalan raya Kandahar-Uruzgan di distrik Shawali Kot sekitar pukul 11 hari Kamis, menewaskan tiga orang, melukai seorang perempuan dan tiga anak-anak, menurut siaran pers yang dikeluarkan oleh gubernur provinsi.

Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) yang dipimpin oleh NATO mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya telah mengirimkan tim untuk menyelidiki laporan mengenai korban sipil dalam operasi.

"Laporan operasional awal menunjukkan bahwa ada seorang laki-laki tak dikenal yang sedang menempatkan sebuah IED di tepi jalan," ISAF berkilah melalui pernyataan. "Setelah menembak orang itu dari helikopter, kebetulan ada sebuah mobil yang dikendarai oleh warga sipil melewati titik dimana IED itu ditanam."

Korban sipil telah meningkat di Afghanistan pada tahun 2009.

Pada 8 Desember lalu, ratusan warga Afghanistan melakukan aksi protes di provinsi Laghman timur atas operasi NATO yang menewaskan enam warga sipil. Namun ISAF menolak tuduhan tersebut, dan mengatakan bahwa semua yang tewas akibat ulahnya adalah mujahidin.

Source http://arrahmah.com

0 komentar: